Bilangan Fibonacci

Bilangan Fibonacci

Aku adalah salah satu penggemar bilangan Fibonacci, yang erat kaitannya dengan Golden Ratio, dan selalu aku gunakan didalam suatu kerangka desain. Percayalah, hampir seluruh obyek di alam semesta ini adalah golden ratio, dan itu semacam misteri.

Golden ratio adalah prinsip dari arsitektur jaman dahulu, khususnya arsitektur di Yunani kuno. Salah satu contohnya adalah, bentangan pilar dan tinggi dari Panthenon merupakan perbandingan golden ratio. Bilangan fibonacci itu sendiri, hampir mendekati golden ratio ataupun golden section, yaitu sebagai berikut: Deret 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144, Pembagi 1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89, Hasil 1 2 1,5 1,66 1,6 1,625 1,615 1,619 1,617 1,618 1,618.

Coba luangkan sedikit waktu untuk Googling, mencari kaitan fibonacci, golden ratio, golden section dengan desain, maka kita akan menemukan banyak jawaban, beserta contoh-contohnya. Beberapa contoh logo yang golden ratio adalah, Apple, National Geographic, Pepsi, Toyota, dan masih banyak lagi. Bahkan, credit card dan atm card pun golden ratio.

Golden section ataupun golden ratio, adalah suatu hal yang istimewa dan unik, karena pada tubuh kita saja, hampir semuanya adalah golden section, mulai dari jarak antara ujung jari dan siku, antara pergelangan tangan dan siku, antara pusar dan lutut, dan masih banyak lagi. Lukisan Monalisa, dan The Last Supper yang merupakan karya dari Lonardo Da Vinci, menggunakan golden ratio.


Dengan golden ratio, suatu desain seolah timeless atau everlasting. Mungkin itu lebih dari sekedar teratur, konsisten, namun terdapat unsur misteri didalam golden ratio itu.

Hingga sekarang ini, kerangka desain yang aku gunakan adalah Swiss Style yang dikombinasikan dengan golden ratio dan prinsip desain Dieter Rams. Apabila salah satu dari kalian tertarik dengan topik ini, sejarah penemuan bilangan Fibonacci bisa kalian baca di Wikipedia.